Pages

Desktop Super Tipis iMac

Desktop Super Tipis iMac Semakin tipi dan lebih tipis lagi. Persaingan komputer desktop pada kelas all in one semakin ketat dengan Apple meluncurkan iMac terkini pada akhir bulan lalu. Komputer desktop ini, dengan ketebalan lima milimeter, diklaim sebagai yang tertipis dibandingkan produk sejenis dari Sony, Dell dan Hewlett-Packard, yang bagian tertipisnya masih sekitar satu centimeter.


Pemilihan waktu penjualan iMac ini ditengarai sebagai upaya Apple untuk memanfaatkan kegairahan belanja konsumen menjelang akhir tahun. Ada dua seri iMac yang diluncurkan kali ini yaitu yang berlayar 21,5 inci dan 27 inci.

Keduanya dilengkapi dengan teknologi Fusion Drive, yaitu teknologi yang menggabungkan dua jenis penyimpanan solid state drive dengan hard disk, sama seperti pada laptop MacBook Pro, yang baru luncur bulan lalu.

Dengan teknologi ini, sistem operasi dan aplikasi yang kerap diakses akan tersimpan secara otomatis di solid state drive. Sedangkan aplikasi yang jarang diakses serta file dokumen, dan video akan disimpan di hard disk.

Secara teknologi solid state drive berukuran lebih kecil dan mampu mengakses data dengan lebih cepat. Ini membuat harganya lebih mahal dibandingkan hard disk, yang cenderung berukuran besar dan lebih lamban dalam akses data.
Kapasitas penyimpanan solid state drive sebesar 128 gigabyte, sedangkan penyimpanan di hard disk sebesar 1-3 terabyte.

Layar iMac ini diklaim mampu mengurangi pantulan cahaya di layar, yang bisa menggangu penglihatan pengguna. Memory yang tertanam berkapasitas 8 gigabyte dengan kecepatan 1600 megahertz.
Sedangkan prosesor gambarnya berupa seri terakhir NVIDIA GeForce, yang menjanjikan kemampuan 60 persen lebih cepat. Karena sangat ramping, Apple tidak menyediakan fitur DVD burner, yang ada pada seri sebelumnya.

Secara harga, Apple mematok dua kelas harga yaitu mulai US$ 1.499 (sekitar Rp 14 juta) untuk versi layar 21,5 inci dan mulai US$ 1.799 versi 27 inci (sekitar Rp 17 juta).
Kisaran harga ini sedikit lebih rendah dari
Dell XPS One, yang berlayar 27 inci, dan berbasis sistem operasi Windows 8, yaitu US$ 1,999 sekitar Rp 19 juta.

Untuk tawaran yang lebih murah ada Sony Vaio Tap 20 pada kisaran harga US$ 999 (sekitar Rp 9,5 juta) dan Hewlett-Packard 23-1000z sekitar US$ 699 (sekitar Rp 6,7 juta). 


sumber
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...