Pages

Kurang tidur pengaruhi performa pria

Ilustrasi dok: Thinkstock

 Kurang tidur tak hanya membuat tubuh lekas letih dan dilanda stres, tapi juga mempengaruhi performa seksual, terutama bagi kaum pria.

Fakta itu dikemukakan oleh para peneliti dari Universitas Chicago. Mereka melakukan penelitian terhadap hormon-hormon dalam tubuh pria yang memiliki waktu tidur kurang dari lima jam setiap harinya. Para peneliti menemukan, pada pria yang kurang tidur, hormon testosteron mereka menjadi sangat berkurang.

Tak hanya itu, kurang tidur juga membuat otot dan tulang menjadi lemah. Energi pun seakan menjadi habis.

Yang tak kalah menarik, saat diteliti lebih lanjut, pengaruh berkurangnya hormon testosteron pada pria karena kurangnya waktu tidur membuat kemunduran performa fisik yang signifikan. Para ahli mengatakan, kurang tidur dapat membuat fisik pria menjadi 15 tahun lebih tua dari umur sesungguhnya.

"Rendahnya hormon testosteron berpengaruh pada turunnya kualitas kesehatan," kata Prof Eve Van Cauter, ketua tim peneliti seperti dikutip dari Telegraph.

Rendahnya hormon testosteron tadi kemudian membuat pria kehilangan hasrat seksualnya. Keletihan fisik pun membuat pria seakan tak sanggup lagi untuk melakukan kegiatan apa pun — termasuk kegiatan seksual.


sumber
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...