Pages

Anak-anak pun dilanda anoreksia

Ilustrasi anak menolak makanan (Foto:ThinkStock)

Anoreksia atau rasa takut yang berlebihan terhadap peningkatan berat badan akibat pencitraan diri yang menyimpang biasanya dialami remaja atau wanita dewasa. Namun, bagaimana jika anak-anak juga mengalami gangguan tersebut

Data-data statistik diungkapkan Mirror.co.uk, Selasa (9/8). Sebanyak 98 anak perempuan berusia lima hingga tujuh tahun, 99 anak perempuan berusia delapan hingga sembilan tahun, serta 1.900 anak perempuan berumur 10 hingga 15 tahun mengalami anoreksia selama tiga bulan terakhir.
Bukti ini menunjukkan bagaimana model bertubuh langsing dan selebriti yang dicitrakan majalah dan televisi ternyata juga menjadi "racun" bagi anak-anak.

"Anak-anak melihat tubuh selebritis sangat langsing pada majalah. Akibatnya, mereka menjadi terobsesi untuk seperti selebritis," kata Susan Ringwood, seorang aktivis. Sebuah survei oleh lembaga lokal mengatakan, ada banyak gadis berusia di bawah 14 tahun yang menjalani diet. Padahal, mereka berada dalam masa pertumbuhan.

Di samping kasus-kasus anoreksia di bawah umur anak, beberapa aktivis juga menyoroti penyebaran salon kecantikan khusus untuk anak di negara itu. Bukan hanya potongan rambut, salon untuk anak-anak berusia di bawah 13 tahun menawarkan perawatan seperti facial, manicure, pedicure, creambath, rambut spa, hair styling, waxing, make up.

Bahkan, seorang anak perempuan berusia tujuh tahun mendapatkan hadiah voucher operasi pembesaran payudara [baca: Gadis Tujuh Tahun Dapat Voucher Operasi Payudara]. Akibatnya, mereka tumbuh sebelum waktunya yang berakibat buruk bagi perkembangan mental mereka.

Pemerintah Inggris pun menyerukan langkah-langkah perlindungan terhadap kepolosan anak-anak, terutama anak perempuan. Saat ini, perlindungan diberikan terhadap anak-anak, mencakup aturan untuk mengontrol cara berpakaian dan gaya anak-anak.


sumber
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...