Pages

Klenteng gelar buka puasa bersama

Klenteng Sam Poo Kong, Semarang (Foto: Antara/R Rekotomo)

Jajaran Pengurus Kelengteng Hok Swie Bio di Kelurahan Karangpacar, Kecamatan Kota, Bojonegoro, Jawa Timur (Jatim), menggelar buka puasa bersama bagi umat Islam di kelenteng setempat.
"Kami menyediakan 500 paket makanan, bagi umat Islam kami persilahkan datang untuk berbuka bersama di kelenteng nanti sore," kata Ketua Bagian Peribadatan Kelenteng Hok Swie Bio Bojonegoro, Khotjiang San, Jumat.

Menurut dia, dalam buka puasa bersama tersebut, tidak diedarkan undangan. Namun, bagi umat Islam yang ingin berbuka puasa bersama, pihaknya menyediakan takjil juga makanan lengkap yang dihimpun dari dana jemaah di kelenteng setempat.

"Selama puasa ini, kami masih akan menggelar buka puasa bersama dengan mengambil waktu pada hari Jumat," katanya, mengungkapkan. Ia menjelaskan, buka puasa bersama yang digelar kelenteng tersebut, sudah berjalan selama enam tahun ini.

Selama pelaksanaan buka puasa bersama di tahun sebelumnya, umat Islam yang datang ikut berbuka puasa di kelenteng, selain warga di sekitar kelenteng, juga warga lainnya yang kebetulan lewat kelenteng.
Tujuan buka puasa bersama ini, katanya, dalam bulan Ramadhan ini, jemaah kelenteng ingin ikut berbagi bersama dan saling menghormati umat Islam yang sedang menunaikan ibadah.

Seperti juga dilakukan kelenteng setempat, sebelum puasa Ramadhan di depan kelenteng dipasang spanduk yang berisi ucapan selamat kepada umat Islam yang melaksanakan ibadah puasa Ramadhan.
"Ini bentuk kepedulian kami, sebab sesungguhnya dengan kemajemukan Agama yang ada, pada dasarnya kita semua tetap satu bangsa di Bumi Pertiwi ini," tuturnya, menjelaskan.

Selain itu, jelasnya, diharapkan buka puasa bersama ini, bisa semakin mempererat tali silaturahmi antarumat berlainan Agama dan sekaligus bisa memperkokoh keimanan masing-masing.


sumber
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...